Hai Sobat Excel,

Apa kabar? Semoga sehat dimana pun kalian berada yaa

Tokoh inspiratif dari Grahaexcel kali ini bernama Pak Toni (55 tahun) seorang pensiunan PNS yang memulai karirnya di usia yang sudah tidak muda lagi setelah beliau pensiun.

Pensiun merupakan suatu proses perubahan yang besar dalam kehidupan. Mengubah kebiasaan bekerja sebagai karyawan yang selalu berhubungan dengan peraturan dan budaya perusahaan selama puluhan tahun, menjadi individu yang bebas melakukan pilihan untuk mengisi sisa hidup ini tidaklah mudah.

Pensiun dari pegawai pemerintah kota Bogor, tidak membuat Pak Toni bersantai saja dirumahnya. Beliau justru memilih melakukan aktivitas yang dapat membuatnya tetap produktif. Menurutnya, pria seusianya rentan terkena pikun bila tidak melakukan aktivitas. Oleh karena itu, jauh hari sebelum masa pensiunnya Pak Toni telah mempersiapkan diri. Berwirausaha dipilihnya sebagai aktivitas yang akan beliau lakukan setelah pensiun.

Persiapan 5 tahun sebelum pensiun

5 tahun sebelum pensiun, Pak Toni sempat pesimis dengan masa depannya nanti. Pak Toni bingung apa yang dikerjakanya nanti setelah pensiun. Namun akhirnya beliau memutuskan membeli sebidang tanah untuk beliua jadikan tempat usahanya. Saat itu usaha yang terpikir adalah membuka usaha toko bangunan. Pada tahun 2010, setelah satu tahun pensiun, Pak Toni membuka usaha toko bangunan miliknya.

Pak Toni berpikir dengan maraknya pertumbuhan perumahan dan gedung-gedung tempat tinggal saat ini membuat permintaan akan bahan bangunan dan tangki air terus meningkat. Itulah yang menjadi alasannya memulai bisnis usaha toko bangunan.

Sekitar awal tahun 2011, ada salah satu tetangga Pak Toni yang salah satu pembeli toren air sedang ingin merenovasi rumah. Tetangganya tersebut mengetahui usaha yang baru dirintis Pak Toni tersebut dan memintanya untuk menyediakan beberapa bahan bangunan dari toko bangunan miliknya.

Kepuasaan pelanggan adalah yang utama

Meskipun Pak Toni bukan yang pertama mempunyai usaha toko bangunan, namun beliau mampu menyaingi pesaingnya yang terlebih dahulu membuka usaha tersebut. Bahkan menurut Pak Toni kualitas produk yang dijual di tokonya lebih baik dibanding dengan pesaingnya. Selain itu untuk menarik pelanggan, Pak Toni memberikan harga yang lebih murah dibandingkan dengan tempat lain. Pak Toni juga mengutamakan pelayanan, ketika ada pelanggan yang menelponnya seperti pembeli toren air Excel dari Grahaexcel untuk memesan bahan bangunan padanya, beliau akan segera memproses pesanan tersebut agar pelanggannya tidak menunggu lama.

Pak Toni juga memiliki beberapa karyawan yang bisa membantunya melayani pelanggan dan juga beberapa supir agar bisa langsung mengantarkan pesanan langsung kepada konsumen. Dengan fasilitas yang lengkap pada tokonya membuat pelanggan puas dan setia untuk selalu berbelanja disana.

Menjadi agen Excel

Suatu hari datang seorang sales dari Grahaexcel ke tokonya untuk mengajak bekerja sama memasarkan tangki air Excel dari Grahaexcel.

Grahaexcel merupakan produsen tangki air yang mengutamakan inovasi, kualitas dan desain. Grahaexcel mempersembahkan berbagai varian jenis produk dan ukuran yang memudahkan pembeli toren air dalam menentukan produk yang cocok dan berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Semenjak bekerja sama dengan Grahaexcel tokonya kebanjuran orderan, banyak pembeli toren air datang ke toko bangunan miliknya dan keuntungan besar yang dihasilkan Pak Toni membuat usahanya menjadi sukses dan terus berkembang.

Kini toko milik Pak Toni menjadi supplier untuk beberapa toko kecil di daerah sekitarnya, dan bermitra dengan para pembeli toren air dalam jumlah besar.

Setelah beberapa tahun menekuni profesi barunya Pak Toni sudah tidak lagi merasa cemas akan hari tuanya.

Berbagi tips untuk para pensiunan

Pak Toni dapat dikatakan contoh sukses pensiunan produktif yang memanfaatkan masa pensiunnya untuk berwirausaha. Bahkan beliau merasa lebih bersyukur dengan yang didapatnya saat ini dibandingkan ketika masih menjadi pegawai. Menurutnya bila pensiunan ingin wirausaha seperti dirinya sebaiknya dipersiapkan minimal 5 tahun sebelum masa pensiun. Selain itu harus mengetahui segala informasi yang terkait dengan usaha yang akan dikerjakan tersebut dan yang terpenting adalah mempersiapkan mental.

Menurutnya, berwirausaha itu sangat berbeda dengan ketika bekerja menjadi pegawai. Saat menjadi pegawai, segala sesuatunya sudah disiapkan dan pegawai hanya menjalankan tugas yang diberikan. Ketika berwirausaha, semuanya dipegang sendiri, mulai dari merencanakan, merintis, hingga mengembangkan usahanya termasuk semua resiko harus ditanggung sendiri.

Nah bagaimana sobat EXCEL kisah sukses Pak Toni seorang agen EXCEL dari Grahaexcel yang memulai karirnya setelah pensiun? Semoga menjadi inspirasi kalian yaa!!

Yuk pakai tangki air EXCEL sebagai tempat penampungan air bersih yang berkualitas dan berstandar SNI & FDA.

Jangan lupa follow media social tangki air EXCEL di Instagram @grahaexcel dan di Youtube Tangki Air & Tangki Kimia EXCEL, untuk mendapatkan informasi yang terpercaya!

Mau tahu keunggulan Tangki Air EXCEL? Lengkap dengan ukuran yang mampu menyesuaikan luas bangunan Anda yang tidak memiliki lahan cukup utuk menaruh Tangki Air ? klik di sini https://www.youtube.com/watch?v=hwU9W-s5WAI