Hai Sobat Excel,

Apa kabar semua?

Tokoh inspiratif Grahaexcel kali ini berkisah tentang pengusaha toko bangunan yang memulai bisnisnya tanpa modal loh!

Pasti sobat Excel penasaran, yuk kita simak kisahnya!

Kebanyakan calon pengusaha akan mengeluhkan modal awal mereka untuk memulai usaha. Akan tetapi berbeda dengan kisah Pak Indra. Pak Indra lahir dari keluarga miskin, dengan latar belakang dari keluarga sederhana. Pak Indra adalah seorang pengusa yang sukses memulai karir dari bawah dengan bisnis tanpa modal di bidang usaha toko bangunan.

Beliau dikenal dengan sosok yang ramah dan baik hati kepada semua pelanggan salah satunya pembeli toren air Excel dari Grahaexcel.

Masa kecil Pak Indra

Sejak kecil Pak Indra sudah merasakan perjuangan yang berat. Pak Indra yang hanya tinggal bersama ibunya yang bersikap ketat dan keras. Beliau hanya dapat membaca dan tidak dapat berhitung bahkan ia tidak naik kelas 3 (tiga) SD. Sejak saat itu, Pak Indra harus membantu ibunya untuk berjualan kue dan mengurus sapi peliharaanya untuk menambah penghasilan keluarga. Walau pun saat itu Pak Indra termasuk anak kecil yang nakal, tetapi beliau tetap mau bekerja keras membantu ibunya untuk mencari uang.

Memulai bisnis tanpa modal di bangku kuliah

Pak Indra termasuk anak yang terlambat masuk sekolah dasar (SD) saat usianya 10 tahun. Meskipun begitu, Pak Indra tetap semangat pergi ke sekolah walau jarak yang ditempuh cukup jauh. Ketika lulus SD di usia 16 tahun, Pak Indra melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMP dan kemudian SMA. Setelah lulus SMA, ia bertekad memiliki masa depan yang lebih baik dan memutuskan untuk pindah ke Jogja untuk meneruskan pendidikannya ke perguruan tinggi karena ia mendapatkan beasiswa.

Sudah hampir 2 (dua) tahun, ia sudah tidak lagi menerima uang dari ibunya. Semenjak itu ia pun mulai mencari uang sendiri untuk memenuhi kebutuhannya.

Usahanya saat itu berjualan batik dari pintu ke pintu, bahkan ia pun berjualan telur. Semua usahanya itu memerlukan modal, ia hanya mengambil dari kenalannya dan jika berhasil menjual Pak Indra akan mendapat komisi.

Mendapatkan gelar insinyur

Sebelum lulus dari perguruan tinggi, Pak Indra sudah mendapatkan pekerjaan dari jasa konstruksi kenalannya para pembeli toren air. Sejak saat itu ia mulai berkecimpung di dunia bahan bangunan. Sudah banyak toko bangunan ia datangi untuk melakukan survey harga agar bisa meraih keuntungan lebih saat bekerja sama dengan beberapa kontraktor.

Beberapa tahun kemudian, Pak Indra menyelesaikan pendidikan arsitektur dengan mendapatkan gelar insinyur.

Setelah lulus dari perguruan tinggi ia mulai serius menekuni usahanya di dunia toko bangunan karena menurutnya usaha toko bangunan memiliki prospek yang bagus ke depannya. Tapi sayangnya saat itu dia tidak memiliki modal sepeser pun. Akhirnya Pak Indra menemukan ide untuk bisa tetap usaha tanpa memerlukan modal.

Ia mulai menggunakan media online seperti e-commerce untuk bisa memasarkan beberapa produk yang dijual. Sejak saat itu banyak konsumen yang tertarik dengan toko online miliknya salah satunya pembeli toren air Excel dari Grahaexcel, membuatnya kebanjiran orderan.

Sukses dengan toko online kini Pak Indra mulai berani membuka toko offlinenya. Sebagi langkah awal membuka toko bangunan, ia mulai menghubungi beberapa relasi pengawas lapangan, mandor dan para tukang bangunan yang dikenalnya selama ini untuk memperkenalkan toko bangunan miliknya. Karena sudah banyak relasi yang Pak Indra punya salah satunya pembeli toren air, tidak heran jika lama kelamaan tokonya mempunyai banyak pelanggan yang setia dan loyal.

Berawal dari hanya memiliki 2 karyawan saja, kini sudah ditambah. Beberapa barang dagangan juga semakin dilengkapi. Tidak hanya itu beberapa tahun kemudian, ia juga sudah mampu membeli mobil pick up untuk mengantar pesanan langsung kepada konsumen salah satunya pembeli toren air.

Kini usaha toko bangunan miliknya semakin berkembang dan menjadi ritel dari toko-toko kecil disekitarnya.

Beberapa hal yang dapat diambil dari kisah Pak Indra yang memulai bisnis tanpa modal yaitu cukup bermodalkan konsep yang bagus, utamakan prakter dari pada teori, persiapkan mental karena seorang pengusaha sukses harus memiliki mental berbisnis, jangan mudah berpuas diri, tidak mudah putus asa, gigih, ulet dan patang menyerah.

Bagaimana sobat EXCEL kisah sukses Pak Indra agen Excel dari Grahaexcel memulai usaha toko bangunan tanpa modal? Semoga terinspirasi yaa

Yuk pakai tangki EXCEL dari Grahaexcel yang memiliki berbagai jenis dan ukuran yang berkualitas dan berstandar SNI & FDA.

Jangan lupa follow media social tandon air EXCEL di Instagram @grahaexcel dan di Youtube Tangki Air & Tangki Kimia EXCEL, untuk mendapatkan informasi yang terpercaya!

Yuk cari tahu informasi selengkapnya mengenai Tangki Air EXCEL terlengkap, melalui video ini https://www.youtube.com/watch?v=8q_pux0uu04