Pria paruh baya yang memiliki nama asli Hassan atau yang lebih akrab dikenal sebagai Jong-Kassan, sudah memulai usaha menjual toren air sejak tahun 1988. Jong-Kassan menjual produk toren airnya di pinggir jalan raya Kyai Haji Zainul Arifin, Jakarta Pusat. Jong-Kassan merupakan satu - satunya toko toren air di sepanjang jalan raya tersebut. Beliau menjadi pelopor jual toren air di daerah tersebut. Toko bangunan Jong-Kassan diberi nama Toko Bangunan Sinar Baru, saat wawancara sempat ditanya mengapa diberikan nama itu, dan Jong-Kassan menjawab karena Toko Bangunan tersebut pada Tahun 1988 resmi menjadi miliknya setelah ayahnya meninggal, jadi makna kata “Baru” adalah Penerus Toko Bangunan yang Baru yakni Jong-Kassan sendiri.

Semasa ayahnya hidup, Jong-Kassan diajari bagaimana cara berjualan toren air yang baik, memuaskan pelanggan dan tidak merugikan orang lain. Jadi, setelah ayahnya meninggal beliau mendapatkan bekal yang cukup dan bisa menjalankan bisnis jual toren air hingga saat ini dimana sudah genap 32 Tahun memiliki usaha Toko Bangunan. Tepat pada tahun 1990 Jong-Kassan akhirnya bekerjasama untuk menjual toren air GRAHAEXCEL. Kenapa? Karena posisi Toko Bangunan Sinar Baru pada saat itu, sangat dekat dengan PT GRAHAEXCEL PLASTINDO hanya berjarak 1,5km dimana jarak tempuh pada tahun itu hanya 15 menit. Jadi Jong-Kassan berfikir untuk biaya oprasional pengiriman untuk sampai ke Toko Bangunan Sinar Baru, tidak membutuhkan biaya yang banyak. Selain itu alasan lain yang menjadi acuan adalah, pada saat itu produk toren air GRAHAEXCEL sedang naik daun, banyak dicari orang karena sudah terkenal sejak produk bak mandinya, jadi begitu GRAHAEXCEL menjual produk toren airnya, masyarakat sontak antusias dan ingin merasakan kualitas brandnya.

Dengan modal yang sudah dimiliki Jong-Kassan dari sang ayah, maka beliau menerapkan untuk perbanyak Stock di Toko Bangunan Sinar Baru miliknya, agar setiap konsumen yang ingin beli selalu terdapat jawaban “tersedia”, sang ayah mengajarkan jangan pernah bilang “stock habis” atau “stock tidak tersedia” karena sang ayah mempercayai jika kata - kata tersebut yang keluar dari seorang pemilik bisnis toren air maka pelanggan akan kecewa dan akan segan untuk datang kembali lagi. Jadi untuk pemesanan toren air GRAHAEXCEL, beliau selalu memesan dalam jumlah banyak.

Pasti Sobat EXCEL sudah penasaran ya? Sudah tidak sabar ya? Bagaimana sistem penjualan Toko Bangunan Sinar Baru sampai bisa dapat hadiah Mobil dan Perjalanan Rohani? Oke, kita lanjut ya Sob!...

Tidak ada strategi promosi khusus yang dilakukan Jong-Kassan, hal yang perlu Sobat EXCEL ketahui adalah beliau sudah memiliki modal besar dari sang ayah, sehingga pemesanan toren air GRAHAEXCEL minimal 30 - 50 toren air campur ukuran kecil dan besar, sehingga GRAHAEXCEL memberikan harga special untuk pemesanan dalam jumlah banyak, jadi beliau memasang harga yang cukup murah saja, sudah untung sekitar 200.000 - 300.000 / tangkinya. Karena harga yang paling murah sudah diberikan pabrik pada Toko Bangunan Sinar Baru. Dengan mampu memberikan harga murah dengan untung yang di dapat sekitar 200.000 - 300.000 / tangki membuat banyak pembeli toren air yang datang ke tokonya. Pembeli toren air yang datang pun memiliki klasifikasi, yakni pembeli toren air untuk kebutuhan toko kecil, pembeli toren air untuk kebutuhan toko sedang (support 3 - 5 toko kecil), dan pembeli toren air untuk kebutuhan menjadi agen (support 5 - 10 toko sedang).

Dengan hilir mudik keseluruhan klasifikasi pembeli toren air tersebut, Toko Bangunan Sinar Baru bisa menghasilkan untung hanya dari menjual toren air GRAHAEXCEL 500 juta dalam sebulan. Kegigihan dan semangat beliau, serta penerapan harga yang bersaing dalam ketiga klasifikasi pembeli toren air tadi, membuatnya mampu menstabilkan pendapatan, dan dilirik oleh PT GRAHAEXCEL PLASTINDO sebagai toko bangunan yang Top dan Berkualitas. GRAHAEXCEL sebagai produsen Toren Air pertama di Indonesia, sangat ingin mengapresiasi setiap kerja keras Toko Bangunan yang sudah menjual toren air GRAHAEXCEL dengan baik, jadi Pimpinan Perusahaan GRAHAEXCEL pun akhirnya membuat target capaian yakni Jong-Kassan harus menstabilkan keuntungan 500jt/bulan sampai 6 bulan kedepan. Jika lulus maka beliau akan diberikan hadiah Mobil Suziki Zebra 1.3 yang sangat populer pada Tahun 2000’an. Akhirnya setelah mendengar info tersebut, membuat Jong-Kassan semakin semangat berjualan dan memperluas target persebaran pembeli toren airnya, yakni yang tadinya hanya mengcover pengiriman dalam kota, kini beliau beranikan untuk pengiriman luar kota dengan menginfokan ke klasifikisaki pembeli toren air strata agen untuk mempromosikan ketersediaan pengiriman luar kota di Toko Bangunan Sinar Baru.

Dengan strategi itu, maka Jong-Kassan pun akhirnya mendapatkan pelanggan tetap pembeli
toren air dari berbagai daerah di luar kota. Dan beliau berhasil menerima Mobil Suzuki Zebra 1.3 sebagai hadiah, tak hanya itu karena target capaiannya melampaui batas maka GRAHAEXCEL pun memberikan 1 mobil pengiriman barang L.300 sebagai hadiah tambahan. Sobat EXCEL penasaran kan bagaimana bentuk kedua mobil yang menjadi hadiah Jong-Kassan, berikut dokumentasinya:

Dokumentasi Jong-Kassan | Suzuki Zebra 1.3
Dokumentasi Jong-Kassan | Colt-Diesel L.300

Setelah mendapatkan hadiah 2 mobil sekaligus, GRAHAEXCEL pun ingin tetap membuat Toko Bangunan Sinar Baru semakin bersemangat untuk berjualan toren air dengan memberikan target capaian berupa Perjalanan Rohani ke Yerusalem, dengan penghasilan order 700jt/bulan stabil dalam 3 bulan kedepan. Lagi dan lagi, Jong-kassan berhasil mencapainya dan beliau mendapatkan hadiah Perjalanan Rohani ke Yerusalem untuk 3 Orang.

Dari kisah inspiratif tersebut, 3 point yang bisa kita ambil Sob! memanfaatkan modal yang sudah di sediakan orang tua, mencari pelanggan sebaganyak mungkin dengan klasifikasi harga bersaing sesuai strata pembeli dan mengembangkan sayap penjualan toren air ke luar kota. Semoga Sobat EXCEL bisa mengambil pelajaran baik dari kisah tersebut dan memotivasi kegiatan usaha Sobat EXCEL yang menjual toren air, atau bisnis apapun. Tetap terus semangat ya Sob!