Pak Rustam memang sengaja memberi nama Toko Bangunannya adalah Mutiara Abadi, karena sesuai pada prinsipnya, untuk menemukan sebuah mutiara yang bagus pasti membutuhkan waktu yang lama, karena mutiara begitu langka. Dan beliau mengasumsikan bahwa Toko Bangunannya merupakan mutiara yang langka di dapat sebuah Toko Bangunan memiliki pemilik yang murah senyum baik dan ingin menjadikan toko bangunannya seperti mutiara yang selalu abadi. Pak Rustam resmi menjadi Toko Bangunan yang menjual toren air GRAHAEXCEL sejak Tahun 2005, total hingga sekarang sudah 15 Tahun berjualan toren air grahaexcel. Karakternya yang ramah dan selalu tersenyum pada saat melayani konsumen, membuat Toko nya sering kedatangan pembeli toren air yang setia yakni, pembeli toren air tersebut sudah bisa dihafal oleh Pak Rustam, karena sangking seringnya berkunjung ke Toko Bangunan. Meski pada saat itu sedang tidak menjadi pembeli toren air, melainkan berkunjung untuk sekedar ngobrol membuat Pak Rustam dikenal sebagai sosok teman curhat yang asyik dan bisa memberikan solusi.


Dokumentasi PT GRAHAEXCEL PLASTINDO

Sebelum menjadi pengusaha dan mendirikan sebuah Toko Bangunan, beliau merupakan karyawan biasa, yang dulunya di kantor beliau, beliau sering melihat tulisan di setiap pintu masuk lift yakni budayakan 3S untuk Sukses (Senyum, Sapa, Salam). Banyak dari Toko Bangunan lain yang ketika sudah sukses jual toren air GRAHAEXCEL, malah membuat pemilik toko menjadi sombong dan terkesan jual mahal bahkan tak jarang terkesan angkuh dengan sesuka hati menaikkan harga toren air GRAHAEXCEL. Lain halnya dengan pak rustam yang selalu tersenyum. Setelah di wawancara, tim GRAHAEXCEL menyimpulkan yang menjadi Toko Bangunan nya sering didatangi Pembeli Toren Air bukan hanya karena alasan di atas sebelumnya, melainkan Pak Rustam selalu memposisikan dirinya seperti gelas kosong jika bertemu dengan setiap Pembeli Toren Air, jika memang sebagian dari mereka tidak hanya membeli toren air tapi bercerita juga, maka beliau selalu menanamkan hal tersebut.

Apa Artinya Gelas Kosong?

Mengapa Harus Demikian?

Karena Gelas Kosong sering di asumsikan dengan wadah pengetahuan beliau, sehingga jika berbicara dengan orang lain jangan sok terlalu pintar, mengetahui segalanya sehingga lebih mudah untuk meremehkan orang lain dan jarang ingin menerima masukan. Dengan pemahaman gelas kosong, maka kita akan memposisikan pengetahuan kita kosong, jika berbicara dengan orang lain berusaha tidak terlalu menonjol. Sehingga pada akhirnya, jika kita sudah berbicara dengan orang lain, gelas kita tersebut akan terisi dan menjadi pembelajaran hidup juga buat kita. Tapi berusaha pilah, untuk hal positif diterima, dan yang negatif dibuang jauh jauh.

Banyak pembeli toren air yang baru kenal dan baru datang ke Toko Bangunan Mutiara Abadi, merasa nyaman ibaratnya membeli toren air, maka mereka sudah gratis jasa konsultasi yang lebih mengutamakan konsultasi hidup. Hal ini agak terdengar aneh namun nyata adanya, dan beliau pun masih ada sampai sekarang terakhir 2019 kami berkunjung. Jangkan pembeli toren air, kami sebagai perwakilan perusahaan pun sangat senang bertemu beliau, mungkin pembeli toren air, datang membeli toren dulu baru bisa berinteraksi dengan Pak Rustam, sementara kita datang tanpa basa basi menanyakan produk melakukan tawar menawar harga melainkan langsung melakukan wawancara.

Tahukah Sobat EXCEL apa yang beliau lakukan ketika sedang banyak Pembeli Toren Air yang datang, sementara secara bersamaan datang pula pembeli toren air yang ingin curhat, maka hal yang beliau lakukan adalah, sambil melayani pembeli toren air tersebut, beliau juga mendengarkan cerita pembeli toren lain yang ingin curhat. Salutnya dengan beliau, beliau bisa fokus dengan multi-tasking yang sedang dilakukan. Jangankan kepada pembeli toren air, kami pun yang datang ditengah kondisi toko bangunan buka dan bertepatan dengan jam ramai tagihan datang, maka kami melihat sembari melayani tagihan yang datang, beliau tetap bisa tersenyum sabar untuk menanggapi semua pertanyaan kami tanpa mengesampingkan kami. Pak Rustam tidak hanya ramah dan suka senyum melainkan beliau selalu berusaha mengingat semua pembeli toren air yang datang beliau bilang “Kalau hafal nama, kan lebih enak manggilnya dan jadi terkesan dekat gitu” Jadi itu juga yang menjadi alasan pembeli toren air sering datang dan bercengkrama dengan Toko Bangunan Mutiara Abadi terlebih Pak Rustamnya secara pribadi.

Pak Rustam bukanlah sosok yang tidak sukses dalam menjual toren air Grahaexcel, melainkan dengan kesuksesan beliau, beliau lebih memilih untuk tidak sombong dan mendekatkan diri dengan para pembeli toren air. Ketika tim grahaexcel berhasil memberikan survey kepada setiap pembeli toren air yang datang, maka kami kembali 1 minggu kemudian dan mendapatkan feedback, para pembeli toren sebagian besar mengucapkan rasa “sayang” dengan pak rustam.

Nah dalam menjalani bisnis 3S merupakan elemen penting untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, tapi ketersediaan dan varian produk yang dijual juga menjadi elemen yang tidak boleh di sepelekan, mau tahu tipe tangki air EXCEL, ukuran yang tersedia hingga harganya, yuk tonton video berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=cIlhptKyz1A