Hai Sobat Excel,

“bukan kemampuan yang memutuskan kesuksesasan hidup seseorang, tapi kesungguhan dan tekad dalam berusaha.”

Kutipan di atas tampak serasi dengan pengalaman hidup yang dijalani tokoh inspiratif dari Grahaexcel kali ini bernama Pak Bagus (32 tahun), mantan Office Boy (OB), yang kini naik jabatan menjadi pengusaha toko bangunan agen Excel dari Grahaexcel berstatus distributor yang cukup sukses.

Sebagai OB, beliau tidak pernah menyangka bakal memiliki penghasilan yang cukup besar dalam sebulan dari hasil usaha toko bangunan.

Karir Pak Bagus di dunia bisnis jual toren air dimulai pada tahun 2013 saat beliau bekerja sebagai OB di salah satu perusahaan swasta di Jakarta. Seperti kebanyakan OB, tugas sehari-harinya adalah memastikan kebersihan kantor, membuat kopi untuk staf dan atasan, sampai membeli makan siang.

Namun peruntungannya berubah pada akhir tahun 2015 ketika tengah beristirahat di sela-sela kerja. Seorang temannya yang memiliki usaha toko bangunan menawarkan bekerja sama untuk memasarkan tangki air Excel dari Grahaexcel secara online.

Biaya operasional yang dikeluarkan relatif minim dan cenderung lebih mudah, Pak Bagus merasa tidak ada salahnya untuk mencoba dan memanfaatkan kesempatan ini.

Namun kesuksesaan Pak Bagus tidak diraih begitu saja, beliau harus meluangkan waktu untuk belajar menggunakan gadget dan situs belanja online / e-commerce. Beruntung orang-orang di sekelilingnya tak keberatan membantunya.

“saya itu cuma lulusan SMP, jadi sama sekali tidak terlalu tahu tentang internet, paling hanya bisa main facebook”, ujarnya sambil tertawa

“sekarang saya sudah lebih paham tentang internet dan sudah bisa menggunakan e-commerce karena diajari oleh rekan-rekan saya disini. Tanpa mereka saya tidak akan tahu apa-apa. Kalau sekarang sih saya sudah jago”, ujarnya kembali

Awalnya setelah memasang iklan, beliau tidak terlalu memikirkannya. Pak Bagus kembali menekuni pekerjaannya sebagai OB. Sesekali saat ada kesempatan, beliau kembali memasang iklan. Sampai pada suatu ketika, saat sedang sibuk dengan pekerjaannya, ada notif masuk di hp nya.

Ternyata ada salah satu konsumen menghubungi dan tertarik dengan produk yang Pak Bagus jual. Sebagai OB, beliau mengaku tidak terbiasa berbicara dengan konsumen. Namun beliau tahu bahwa ini adalah kesempatannya untuk belajar memulai usaha. Pak Bagus berusaha menjawab semua pertanyaan sebisa mungkin.
“saat pertama kali menerima telepon dari konsumen, saya sangat gugup” tutur Pak Bagus

Keduanya pun sepakat untuk bertemu. Lagi-lagi Pak Bagus mendapatkan pelajar baru. Karena Pak Bagus tidak terbiasa beretemu dengan pembeli toren air, beliau meminta temannya untuk menemaninya. Sejak saat itu Pak Bagus belajar cara berbicara dengan calon pembeli dan juga belajar teknik berjualan.

“setelah melihat dan mempelajari cara teman saya berjualan dan berbicara dengan calon pembeli toren air, saya jadi semakin tertantang dan rasa percaya diri mulai meningkat”, tutur Pak Bagus

Tidak disangka, sang pembeli toren air Excel dari Grahaexcel ternyata tertarik dan bersedia membeli produk yang dijual Pak Bagus. Kesepakatan pun tercapai dan transaksi terjadi. Hari itu beliau mulai merasakan mendapat keuntungan dari berjualan tangki air.

Melihat hasil yang cukup menggiurkan, Pak Bagus pun terpacu untuk belajar lebih banyak lagi dan terus mendalami usaha toko bangunan. Motivasi juga datang dari keluarga dan beberapa temannya yang selalu mendukung untuk terus maju.

Pundi-pundi keuntungan yang Pak Bagus kumpulkan selama ini beliau alokasikan untuk membuka toko bangunan kecil dan juga menyewa kendaraan untuk mengirimkan barang dagangannya ke konsumen langsung. Padahal sebelumnya Pak Bagus mengaku belum memiliki kendaraan pribadi selama ini.

Awalnya Pak Bagus bekerja sama dengan temannya untuk menjadi penyalur untuk stok produk-produk yang akan dijual di toko bangunan miliknya.

Sampai pada suatu hari ada salah satu sales dari Grahaexcel datang ke toko bangunan miliknya untuk mengajaknya bekerja sama menjadi agen Excel. Dan dengan keramahannya dan keuletannya menekuni profesi barunya lambat laun tapi pasti kini Pak Bagus sudah memiliki banyak pembeli toren air yang loyal dan setia berbelanja di toko miliknya.

Rencananya di tahun ini, Pak Bagus berencana membeli sebuah lahan yang cukup luas untuk beliau gunakan yang sebagian untuk dijadikan rumah dan sebagian lagi untuk dijadikan toko bangunan agar beliau tidak lagi tinggal di rumah kontrakan. Meski perekonomiannya meningkat perlahan, beliay tetap menjaga kepribadiannya yang ramah, rendah hati dan terus bersyukur, serta tidak lupa diri dengan orang-orang yang telah membantu dan mendukungnya selama ini.

Saat ditanya adakah cara jitu yang digunakan saat memasarkan produk yang dijual, beliau menuturkan bahwa hanya perlu memahami produk yang dijual juga tidak pernah menyerah.

“Mengerti detail produk itu sangat penting. Sehingga saat ada konsumen bertanya, saya bisa menjelaskan tanpa mengada-ada”, tutur Pak Bagus

Selain itu Pak Bagus juga mendoktrin diri sendiri agar selalu datang lebih awal dan berusaha untuk tidak terlambat dalam pengiriman barang ke konsumen salah satunya pembeli toren air.

“memang tidak mudah mendapatkan pelanggan yang loyal dan setia karena ada banyak proses yang cukup panjang. Makanya harus sabar, terus maju dan tidak cepat menyerah” tutur Pak Bagus

Bagaimana sobat Excel? Apakah kamu semkain terinspirasi untuk mulai usaha toko bangunan?

Pakai tangki air EXCEL dari Grahaexcel yang berkualitas dan berstandar SNI & FDA.

Jangan lupa follow media social tangki air EXCEL di Instagram @grahaexcel dan di Youtube Tangki Air & Tangki Kimia EXCEL, untuk mendapatkan informasi yang terpercaya!

Jika memang dimulai dari step bawah, memulai suatu usaha tentu tidak mudah. Tetapi tentu akan semakin mudah jika jual Tangki Air EXCEL yang sudah terkenal tentunya, Yuk Check video berikut untuk informasi selengkapnya tentang tangki air EXCEL https://www.youtube.com/watch?v=xg-fgYN0aqI